Wujud Bakti Kaskuser Peduli Mangrove


Mangrove secara fisik dapat menjaga garis pantai supaya stabil dan mencegah terjadinya erosi di daerah pantai dan bentuk akar-akar mangrove yang sangat unik bisa sebagai peredam gelombang pasang air laut. Kerusakan mangrove di Indonesia saat ini sudah mencapai 68 %. Oleh karena itu, sudah saatnya kita peduli terhadap konservasi ekosistem mangrove di Indonesia.

Mengingat akan pentingnya hutan mangrove dan untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli maka kami para Kaskuser Karesidenan Bojonegoro berinisiatif untuk menjaga kelestarian hutan mangrove di daerah pesisir pantai dan berpartisipasi dalam protes global melawan perusakan terhadap ekosistem mangrove yang terus-menerus terjadi dengan menanam mangrove di pinggir pantai sebagai wujud bakti para kaskuser kepada lingkungan di Mangrove Center Tuban, Jalan Raya Tuban - Semarang KM 9 Desa Jenu Tuban.

Perjalanan dimulai dari Bojonegoro menuju ke Tuban pada hari Minggu, 24 Juli 2011 pukul 09.00 WIB setelah menempuh 2 jam perjalanan akhirnya kami tiba di Mangrove Center Tuban sekitar pukul 11.00 WIB. Disana kami berkumpul dengan para Kaskuser regional lainnya seperti Kaskuser Regional Surabaya, Kaskuser Madura, dan Kaskuser Regional Bromo. Pada acara pertama yaitu silahturahmi antar kaskuser mengingat kami sendiri sering kumpul secara online di kaskus.us tanpa ketemu face to face antar regional lainnya, maka kesempatan kumpul bersama ini yang membuat kami menjadi saling mengenal lebih dekat dalam satu keluarga besar yaitu kaskus.

Pada saat sore hari tiba pada acara inti Penanaman Mangrove di kawasan Mangrove Center Tuban. Disana kami dibagikan bibit mangrove secara gratis sama pengelola kawasan hutan mangrove dan diberi penjelasan mengenai pentingnya dan fungsi mangrove lalu kami dituntun menuju area hutan mangrove dan terlalu bersemangatnya kami langsung masuk di area itu dan menanam satu persatu bibit mangrove yang kelak saat sudah besar nanti bisa memberi manfaat bagi kawasan hutan mangrove tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

Banner