Ujian Akhir Semester Manajemen Pemasaran
Wahyu Diah Nurcahyo
833515382
1. 1. Jelaskan pengertian saluran distribusi
dan strategi distribusi intensif, ekslusif, selektif beserta kelebihan dan kekurangannya!
Jawab :
Saluran distribusi adalah jaringan organisasi yang melakukan tugas
fungsi yang menghubungkan produsen dengan pengguna akhir. Saluran distribusi
terdiri dari berbagai lembaga atau badan yang saling tergantung dan saling
berhubungan, yang berfungsi sebagai suatu sistem atau jaringan.
1. Strategi Distribusi Intensif
Distribusi
intensif adalah strategi distribusi yang menempatkan produk dagangannya pada
banyak retailer atau pengecer serta distributor di berbagai tempat. Tehnik ini
sangat cocok digunakan untuk produk atau barang kebutuhan pokok sehari-hari
yang memiliki permintaan dan tingkat konsumsi yang tinggi. Contoh seperti
sembako, rokok, sikat gigi, odol, sabun, deterjen, dan lain sebagainya.
Keuntungan
:
Memberikan
akses yang mudah bagi pelanggan.
Kerugian
:
Banyak
toko tidak akan menerima beberapa produk jika konsumen tidak suka memberi produk
tersebut ditempat itu.
2. Strategi Distribusi Selektif
Distribusi
selektif adalah suatu metode distribusi yang menyalurkan produk barang atau
jasa pada daerah pemasaran tertentu dengan memilih beberapa distributor atau
pengecer saja pada suatu daerah. Di antara distributor atau pengecer akan
terdapat suatu persaingan untuk merebut konsumen dengan cara, teknik dan
strategi masing-masing. Contoh saluran distribusi selektif adalah produk
elektronik, produk kendaraan bermotor, sepeda, pakaian, buku, dan lain
sebagainya.
Keuntungan
:
Distribusi
yang berfokus pada toko pengecer yang memeliki permintaan akan produk tersebut
dan atau dimana karyawannya memiliki pengalaman menjual produk tersebut.
Kerugian
:
Karena
distribusinya selektif produk tersebut tidak mudah diakses.
3. Strategi Distribusi Eksklusif
Distribusi eksklusif adalah memberikan hak distribusi suatu produk
pada satu dua distributor atau pengecer saja pada suatu area daerah. barang
atau jasa yang ditawarkan oleh jenis distribusi eksklusif adalah barang-barang
dengan kualitas dan harga yang tinggi dengan jumlah konsumen yang terbatas.
Contoh distribusi ekslusif adalah seperti showroom mobil, factory outlet,
restoran waralaba, produk mlm / multi level marketing / pasif income, mini
market, supermarket, hipermarket, dan lain-lain.
Kuntungan :
Produk tersebut dianggap prestisius, produsen juga menjamin bahwa
toko pengecer dimana produk didistribusikan akan mampu melayani produk dengan
layak.
Kerugian :
Akses produk kepada pelanggan terbatas. Alat transportasi yang digunakan
untuk pendistribusian produk;
2. Jelaskan hambatan/risiko dalam persaingan
global serta kelebihan dan kekurangan Indonesia dalam menghadapinya!
Jawab :
Beberapa
hambatan dalam memasuki bisnis internasional yaitu:
Batasan kuota
dan tarif bea masuk:
Batasan kuota
dalam bisnis internasional adalah apabila ada suatu negara yang tidak
memperbolehkan transfer barang dalam jumlah yang besar. Sementara tarif
bea masuk adalah pajak yang dikenakan terhadap barang yang diperdagangkan baik
barang impor maupun ekspor.
Perbedaan
bahasa, sosial budaya/cultural:
Perbedaan
dalam hal bahasa seringkali merupakan hambatan bagi kelancaran bisnis
Internasional, hal ini disebabkan karena bahasa merupakan alat komunikasi yang
vital baik bahasa lisan maupun tulis. Pengaruh sosial budaya dalam bisnis
internasional contohnya: Indonesia sebagai Negara berpenduduk mayoritas Islam,
pasti menolak kehadiran Perusahaan Internasional yang menjual makanan
haram, semisal babi. Selain itu dalam hal busana, Perusahaan fashion tidak
akan memasarkan produk bikini dan pakaian terbuka lainnya karena tidak
cocok dengan kultur masyarakat Indonesia yang berpakaian sopan dengan ciri khas
busana yang tertutup.
Kondisi
politik dan hukum/perundang-undangan:
Hubungan
politik yang kurang baik antara satu negara dengan negara yang lain juga akan
mengakibatkan terbatasnya hubungan bisnis antar kedua Negara tersebut.
Ketentuan hukum ataupun perundang-undangan yang berlaku di suatu negara kadang
juga membatasi berlangsungnya bisnis internasional. Contoh: Saat
demokrasi terpimpin, Indonesia cenderung berpihak pada blok timur,
sehingga kedekatan Indonesia dengan Cina dan Rusia menyebabkan renggangnya
hubungan Indonesia dengan negara blok barat dalam berbagai hal termasuk
perdagangan barang ke dan dari negara blok barat.
Hambatan
operasional:
Hambatan
perdagangan atau bisnis internasional yang lain adalah berupa masalah
operasional, antara lain:
>Transportasi
atau pengangkutan barang yang diperdagangkan tersebut dari negara yang satu ke
negara yang lain. Keadaan ombak besar yang mengganggu perjalanan kapal laut
ataupun kondisi cuaca yang mempengaruhi lalu lintas pengiriman barang melalui
udara adalah salah satu contoh masalah transportasi penghambat kegiatan
pengiriman barang sementara waktu. Keadaan dapat lebih gawat apabila barang
yang dikirim adalah barang yang cepat berada dalam kondisi tidak layak semisal
ikan. Waktu pengiriman barang yang tidak sesuai terkadang membuat Negara
yang dituju langsung meng-cancel pembelian produk tersebut.
>
Peraturan atau kebijakan Negara lain, dalam bentuk proteksi yaitu: usaha
melindungi industri-industri di dalam negeri agar tidak disaingi oleh
industri-industri dari luar negeri yang masuk ke dalam negara tersebut.
Contohnya:
ada proteksi atas barang-barang Cina yang berupa industri alat-alat tulis untuk
tidak masuk ke dalam pasar Indonesia, sehingga Perusahaan alat-alat tulis
buatan Indonesia dapat lebih laris di pasar lokal, selain itu pemerintah
biasanya memberi pinjaman untuk pengembangan usaha kepada perusahaan
tersebut sehingga suatu saat dapat bersaing di pasar internasional.
>
Perbedaan tingkat upah:
Dapat dicontohkan apabila ada perusahaan multinasional yang dalam perluasan usahanya ke suatu Negara, memberikan upah kepada karyawannya terlalu kecil dikarenakan berbagai hal semisal kurs mata uang.
Dapat dicontohkan apabila ada perusahaan multinasional yang dalam perluasan usahanya ke suatu Negara, memberikan upah kepada karyawannya terlalu kecil dikarenakan berbagai hal semisal kurs mata uang.
Kekurangan Indonesia dalam menghadapi hambatan dalam persaingan global :
a. Indonesia memberikan upah kecil bagi pekerja sehingga tenaga kerja di Indonesia lebih suka bekerja di perusahaan asing
b. Kurangnya tenaga kerja Indonesia yang menguasai bahasa asing
c. Masyarakat Indonesia lebih suka membeli produk buatan negara lain dibandingkan produk dalam negeri karena produk dari negara lain harganya lebih murah
Kelebihan Indonesia dalam menghadapi hambatan dalam persaingan global :
a. Indonesia kaya akan sumber daya alam
b. Indonesia memiliki banyak tenaga kerja yang ahli dalam proses produksi barang
c. Ekonomi kreatif mulai bermunculan di Indonesia, dan dengan adanya persaingan global maka produk buatan Indonesia akan lebih dikenal luas oleh masyarakat dunia
3.
Apakah perbedaan antara bauran promosi
dan bauran pemasaran? Jelaskan dengan faktor-faktornya ! Serta bagaimana cara menentukan
anggarannya?
Jawab :
Salah satu bagian yang terpenting di dalam Marketing Plan adalah Marketing
Mix (Bauran Pemasaran). Kotler (2000),
mendefinisikan bauran pemasaran sebagai kelompok kiat pemasaran yang
digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran.
Sementara menurut Marius P. Angipora
(1999), bauran pemasaran adalah perangkat variabel-variabel
pemasaran terkontrol yang digabungkan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan
yang diinginkan dalam pasar sasaran.
Jerome Mc-Carthy (2004), merumuskan
bauran pemasaran menjadi 4 komponen P (Product,
Price, Promotion dan Place).
Bauran promosi adalah ramuan khusus dari iklan
pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan
untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya. Menurut Basu Swastha (1999), promotional mix
adalah “Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel
Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya
direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”. Kotler (2005:
264-312), mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas
lima perangkat utama, yaitu:
1. Advertising : merupakan setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya
tentang gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas. Bisa melalui iklan
media massa yang ada, atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard,
spanduk dan poster.
2. Sales Promotion: berbagai insentif jangka pendek untuk
mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Meliputi pajangan-pajangan di sejumlah titik/lokasi penting pemasaran,
bingkisan, discount, kupon belanja.
3. Public relation and publicity: berbagai program untuk
mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya.
Aplikasi dari komponen ini adalah ikut serta atau
mengadakan acara - acara tertentu yang sifatnya tidak murni profit orientes
dengan instansi lain, misalkan dengan menggelar acara malam bakti sosial atau
penggalangan dana.
4. Personal Selling: Interaksi langsung dengan calon pembeli atau
lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan.
Contohnya adalah Sales presentations, pertemuan / seminar penjualan. Intinya adalah dapat bertatap
muka secara langsung atau melalui telepon.
5. Direct marketing: penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail
dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau
mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
Penentuan Anggaran Promosi
Dalam
pertimbangkan variabel promosi yang akan di pergunakan dalam perusahaan,
kadangkala anggapan yang di pergunakan adalah bahwa dana promosi telah ada.
Dalam kenyataannya, penentuan anggaran promosi justru di lakukan sebelum
pemilihan bauran promosi.
Idealnya,
anggaran promosi di tentukan dengan cara menghitung marginal revenue yang di
peroleh dari tambahan setiap unit uang yang di keluarkan dalam bauran promosi.
Selama marginal revenue yang di peroleh lebih besar dari marginal cost untuk
promosi, maka penambahan dana promosi masih dapat di benarkan. Masalah utama
dalam penerapan metode ini adalah pada penentuan marginal revenue itu sendiri.
Perusahaan sangat jarang atau bahkan sulit mengetahui berapa banyak revenue
yang di peroleh dari setiap tambhan dana yang di keluarkan untuk promosi. Oleh
karena keterbatasan pada metode optimal ini maka perusahaan menggunakan
alternatif lain yaitu.
Objective-task method
Penggunaan
metode ini memerlukan serangkaian langkah yaitu : penentuan tujuan promosi,
menentukan strategi atau bahkan gugus tugas yang di butuhkan untuk mencapai
tujuan itu, dan menentukan jumlah pengeluarlan yang di butuhkan dalam
implementasi strategi. Untuk melakukan justifikasi atas anggaran yang di
tetapkan, manajer pemasaran harus menggunakan asumsi tertentu yang mampu
menjelaskan tentang tujuan dan mengapa hal itu di lakukan.
Metode Presentase Penjualan
Satu
cara yang dapat di tempuh dalam mengestimasi besarnya anggaran promosi adalah
dengan menentukan presentase tertentu penjualan periode yang lalu atau
perkiraan penjualan tahun yang datang. Metode presentase penjualan ini banyak
di pergunakan karena beberapa alasan. Pertama, adalah sederhana dan mudah untuk
di lakukan. Kedua, pengeluaran promosi akan bervariasi di antara berbagai merk
produk. Ketiga, dengan menggunakan metode ini maka pengeluaran untuk promosi
dapat di perkirakan sebelumnya.
Namun
demikian, beberapa kelemahan mendasar yang melekat dalam metode presentase
penjualan sebagai dasar penetapan anggaran promosi adalah :
·
Sangat tidak logis mengkaitkan secara langsung prakiraan pengeluaran dengan
data masa lalu. Ini berarti bahwa penjualan menentukan bauran promosi, demikian
pula sebaliknya. Dengan kata lain, apabila penjualan masa lalu adalah nol maka
perusahaan tudak perlu mengaggarkan sejumlah dana untuk promosi
·
Penjualan tidak secara langsung menncerminkan profitabilitas. Produk dengan
marjin keuntungan kecil kadangkala menghasilkan volume penjualan tinggi.
·
Kalau anggaran di tetapkan berdasarkan prakiraan penjualan, ada kecendrungan
manajer pemasaran menaikan angka prakiraan penjualan untuk menjamin bahwa
tersediaanya dana promosi produk.
Competitive parity
Bentuk
pendekatan lain yang dapat juga di pergunakan untuk menetapkan anggaran promosi
adalah dengan mengimbangi anggarn pesaing. Metode ini di lakukan dengan cara
menentukan anggaran promosi dari presentase penjualan dua atau tiga perusahaan
pesaing. Walaupun cara seperti itu menunjukan pemikiran dalam menghadapi
pesaing, tetapi tidak ada jaminan bahwa perusahaan akan memperoleh gambaran
yang akurat tentang pesaing. Sangat mungki terjadi, dengan mengunakan
presentase penjualan industri, perusahaan akan menggunakan kesalahan para
pesaing sebagai dasar penentuan anggaran promosi perusahaan.
Metode arbitary
Banyak perusahaan tidak menggunakan proses
perencanaan formal dalam menentukan besarnya anggaran promosi. Anggapan yang di
anut adalah bahwa tidak ada kaitannya antara volume besarnya dana untuk
promosi. Oleh karena itu, dasar yang di pergunakan untuk menentukan anggarn
proosi adalah pada kemampuan perusahaan untuk menyediakan dana. Kelemahan cara
macam ini adalah bahwa perusahaan tidak bisa mengkaitkan promosi dengan
penjualan, yang berarti sulit untuk menilai kinerja bagian penjualan. Ketetapan
justifikasi yang di lakukan manajer akan sangat menentukan keberhasilan
promosi.
4. Jelaskan seberapa penting peranan budaya
dalam pemasaran global? Dan bagaimana mengatasi etnosentris dalam multikulturalisme
pemasaran global!
Jawab :
Pemasar internasional harus mengetahui pengaruh budaya dan harus
menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang akan dihadapi akibat adanya
aspek busaya ini. Hal ini karena setiap daerah dan batas wilayah memiliki budya
yang berbeda-beda. Sehingga Dalam membuat produk, budaya merupakan salah satu
faktor yang akan mempengaruhi karakteristik produk tersebut.
Hal ini juga didasarkan pada perilaku pembelian dan kebutuhan konsumen
didorong oleh norma-norma budaya. Latar belakang budaya juga mempengaruhi
konsumen dalam mengolah informasi dan faktor yang memotivasi konsumen dalam
melakukan pembelian. Perusahaan yang melakukan bisnis global berarti
berhubungan dengan konsumen, mitra strategis, distributor dan pesaing dengan
pola pikir budaya yang berbeda.
Contoh : Bagaimana Mc Donald menyesuaikan budaya makan di
setiap-setiap negara sehingga, Mc Donald menyesuaikan menu yang ada di
gerai-gerai mereka dengan budaya makan di negara tertentu.
Cara mengatasi etnosentris dalam multikulturalisme pemasaran global antara lain :
a. Membuat produk yang lebih unggul namun tetap menyesuaikan dengan kebudayaan negara tersebut.
b. Memberikan promosi dengan informasi yang mencerminkan bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang lebih baik dari produk yang lain dan tentunya harus disesuaikan dengan kebudayaan negara tempat memasarkan produk.
c. Mendirikan usaha di negara lain dengan merekrut beberapa tenaga kerja dari negara tersebut agar masyarakat dari negara tersebut lebih tertarik untuk membeli produk karena masih ada campur tangan dari budayanya.
5. Pemasaran online terdiri dari online marketplace (tokopedia, bukalapak
dll), online retail (lazada, blibli dll)
serta classified ads (kaskus,
rumah123 dll). Jelaskan dengan singkat
bagaimana masing-masing jenis tersebut dapat terkena pajak?
Jawab :
Pengenaan Pajak
PPh dalam bisnis Online Marketplace
Proses Bisnis
1. Jasa
Penyediaan Tempat dan/atau Waktu
2. Penjualan
Barang dan/atau Jasa
Objek PPh
1. Penghasilan
dari jasa penyediaan tempat dan/atau waktu dalam media lain untuk penyampaian
informasi
2. Penghasilan
dari penjualan barang dan/atau penyediaan jasa merupakan objek PPh
Subjek Pajak
1. Orang pribadi
atau badan yang memperoleh penghasilan dari jasa penyediaan tempat dan/atau waktu
dalam media lain untuk penyampaian informasi.
2. Orang pribadi
atau badan yang memperoleh penghasilan dari penjualan barang dan/atau
penyediaan jasa
Tarif Pajak
1. Untuk
Penyelenggara Online Marketplace sebagai penyedia jasa yang
penghasilannya tidak dikenai pajak yang bersifat final, tarif PPh Pasal 17
diterapkan atas Penghasilan Kena Pajak
2. Untuk pihak Online
Marketplace Merchant sebagai penjual barang atau penyedia jasa dalam Online
Marketplace yang penghasilannya tidak dikenai pajak yang bersifat final,
tarif PPh Pasal 17 diterapkan atas Penghasilan Kena Pajak
Pemotongan PPh
1. Apabila Online
Marketplace Merchant sebagai
pengguna jasa adalah Wajib Pajak Orang Pribadi atau Badan yang ditunjuk sebagai
pemotong PPh, maka pengguna jasa tersebut wajib melakukan pemotongan PPh Pasal
23, Pasal 21, atau Pasal 26
2. Apabila Pembeli
barang atau pengguna jasa adalah Wajib Pajak Orang Pribadi atau Badan yang
ditunjuk sebagai pemotong/pemungut PPh, maka Pembeli barang atau pengguna jasa
tersebut wajib melakukan pemotongan/pemungutan PPh
Pengenaan Pajak
PPN dalam bisnis Online Marketplace
Proses Bisnis
1. Jasa
Penyediaan Tempat dan/atau Waktu
2. Penjualan
Barang dan/atau Jasa
Objek PPN
1. Penyerahan
jasa penyediaan waktu dan/atau tempat dalam media lain
2. Penyerahan
BKP dan/atau JKP
Saat Terutang PPN
1. Saat
penyerahan, saat pembayaran, atau saat pemanfaatan
2. Saat Pembayaran
DPP
1. Penggantian,
termasuk semua biaya yg diminta atau seharusnya diminta oleh Penyelenggara OM
karena penyerahan JKP tersebut.
Contoh:
Penggantian, Monthly Fixed Fee, Rent Fee, Registration
Fee, Fixed Fee, dan Subscription Fee.
2. Harga Jual,
Penggantian, dan/atau Nilai Ekspor, termasuk semua biaya yg diminta atau
seharusnya diminta oleh OM Merchant karena penyerahan BKP dan/atau JKP
tersebut.
Contoh:
Harga
Jual, Penggantian, dan/atau Nilai Ekspor, biaya pengiriman, dan biaya asuransi.
Pengenaan Pajak
PPh dalam bisnis Online Retail
Proses Bisnis
1. Jasa
Penyediaan Tempat dan/atau Waktu
Objek PPh
1. Penghasilan
dari penjualan barang dan/atau penyediaan jasa merupakan objek PPh
Subjek Pajak
1. Orang pribadi
atau badan yang memperoleh penghasilan dari penjualan barang dan/atau
penyediaan jasa
Tarif Pajak
1. Untuk pihak
Penyelenggara Online Retail (sekaligus Merchant) sebagai penjual
barang atau penyedia jasa yang penghasilannya tidak dikenai pajak yang bersifat
final, tarif PPh Pasal 17
Pemotongan PPh
1. Apabila
Pembeli barang atau pengguna jasa adalah Wajib Pajak Orang Pribadi atau Badan
yang ditunjuk sebagai pemotong/pemungut PPh, maka Pembeli barang atau pengguna
jasa tersebut wajib melakukan pemotongan/pemungutan PPh
Pengenaan Pajak
PPN dalam bisnis Online Retail
Proses Bisnis
1. Penjualan
Barang dan/atau Jasa
Objek PPN
1. Penyerahan
BKP dan/atau JKP
Saat Terutang PPN
1. Saat
penyerahan, atau saat pembayaran.
DPP
1. Harga Jual,
Penggantian, dan/atau Nilai Ekspor, termasuk semua biaya yg diminta atau
seharusnya diminta oleh Penyelenggara OR karena penyerahan BKP dan/atau
JKP tersebut.
Contoh:
Harga Jual, Penggantian, dan/atau Nilai Ekspor, biaya pengiriman,
dan biaya asuransi.
Pengenaan Pajak
PPh dalam bisnis Classified Ads
Proses Bisnis
1. Jasa
Penyediaan Tempat dan/atau Waktu
Objek PPh
1. Penghasilan
dari jasa penyediaan tempat dan/atau waktu dalam media lain untuk penyampaian
informasi merupakan objek PPh yang wajib dilakukan pemotongan PPh Pasal 23,
Pasal 21, atau Pasal 26
Subjek Pajak
1. Orang pribadi
atau badan yang memperoleh penghasilan dari jasa penyediaan tempat dan/atau
waktu dalam media lain untuk penyampaian informasi
Tarif Pajak
1. Untuk pihak
Penyelenggara Classified Ads sebagai penyedia jasa yang penghasilannya
tidak dikenai pajak yang bersifat final, tarif PPh Pasal 17 diterapkan atas
Penghasilan Kena Pajak
Pemotongan PPh
1. Apabila
Pengiklan sebagai pengguna jasa adalah Wajib Pajak Orang Pribadi atau Badan
yang ditunjuk sebagai pemotong PPh, maka pengguna jasa tersebut wajib melakukan
pemotongan PPh Pasal 23, Pasal 21, atau Pasal 26
Pengenaan Pajak
PPN dalam bisnis Classified Ads
Proses Bisnis
1. Jasa
Penyediaan Tempat dan/atau Waktu
Objek PPN
1. Penyerahan
jasa penyediaan waktu dan/atau tempat dalam media lain (termasuk kemungkinan
jasa tersebut diserahkan secara cuma-cuma)
Saat Terutang PPN
1. Saat
penyerahan, saat pembayaran, atau saat pemanfaatan.
DPP
1. Penggantian,
termasuk semua biaya yg diminta atau seharusnya diminta oleh Penyelenggara CA
karena penyerahan JKP tersebut.
Contoh:
Penggantian dan transaction fee. Dalam
hal JKP tersebut diserahkan secara cuma-cuma, DPP-nya adalah Penggantian dikurangi
laba kotor.
6. Bagaimana cara atau strategi marketing
untuk UMKM yang baru berkembang ! (Penjelasan dengan contoh dan penerapan langsung
atau dengan memberitahukan strategi tsb pada bisnis real UMKM akan mendapat poin
penuh
Jawab:
Nama
Usaha : KOKMASIHNGEDOT
Didirikan
di Bandung pada tanggal 20 Juli 2015
Tempat
usaha DOT PlayGarden at PVJ, Bandung
Produk
Susu DOT creamy banana, juicy strawberry, classic vanilla,
swiss chocolate, frosty chocomint, hahahazelnut, greeny green tea, mily thai
tea, dan coffee avocado.
Strategi marketing dalam melakukan penjualan produk susu DOT pada usaha KOKMASIHNGEDOT jika menggunakan bauran promosi agar meningkatkan jumlah penjualan
produk, yaitu dengan cara :
Advertising :
Dengan adanya social media memudahkan seorang yang membuka sebuah usaha
untuk memasarkan produknya ke masyarakat, mulai dari Facebook, Twitter,
Instagram, maupun social media lainnya. Menurut analisis saya media promosi
yang digunakan bisnis usaha KOKMASIHNGEDOT menggunakan social media
Instagram dan Facebook dimana pemilik usaha dapat memasarkan produk dengan
mengepost foto-foto produknya dan memberikan label harga di caption foto
tersebut sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui produk tersebut. Kemudian
di akun social media tersebut bisa dimunculkan juga berbagai komentar dari
pembeli untuk menambah daya promosi sehingga dapat menarik konsumen baru yang
akan mencoba produk KOKMASIHNGEDOT itu sendiri.
Sales Promotion
Pada faktor
sales promotion yang digunakan KOKMASIHNGEDOT ini menggunakan booth/tenant yang tersebar di berbagai mall yang ada di Bandung dan sekitaran
Jabodetabek. Konsep booth yang dipakai menggunakan dekorasi yang unik dengan
adanya logo botol dot yang membuat penasaran para konsumen untuk mampir ke
booth dan disini peran penjual dalam melakukan promosi pun menggunakan konsep
seperti anak bayi yang lagi ngedot dengan memakai celemek yang mirip digunakan
anak bayi ketika masih ngedot. Darisinilah yang membuat konsumen tertarik
membeli susu dalam botol DOT tersebut, hal ini ditunjang dengan tagline promosi
“Drink Like Old Times”yang berarti kita yang sudah dewasa bisa kembali
menikmati minum susu dengan menggunakan Botol DOT seakan-akan flashback ke masa
saat kita masih bayi.
Public
relation and publicity:
KOKMASIHNGEDOT dalam
memasarkan dan mengenalkan produk minuman susu dalam DOT sering mengikuti acara
pameran-pameran kuliner seperti Tropical Beast yang diadakan di Trans Studio
Bandung, dan Broadway market di Grand Indonesia. Sehingga dalam pameran
tersebut dapat langsung mengenalkan produk tersebut sekaligus melakukan
penjualan langsung ke pelanggan.
Personal
Selling:
Personal
selling dapat dilakukan juga ketika membuka booth di pameran, dengan melakukan
persentasi pruduk tersebut.
Direct marketing:
Direct Marketing yang dilakukan KOKMASIHNGEDOT yaitu dengan adanya
contact person yang berupa email dan akun LINE, sehingga memudahkan pelanggan
ketika melakukan pemesanan atau bertanya mengenai produk susu dalam DOT
tersebut.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Ngobrol Yuk
Twitter Feeds
Sahabat Blogger
..::A::..
Agito-chan
Aiishi
Avie
Akane
Alfi
Alanna
Aluna
Amdee
Anin-maru
Anisa
Awgku
..::B::..
Bagas-IS-
Boot
..::C::..
cal
cesie
cia
Chita
..::D::..
Deta
Dee
Devy
Dhila
Dita
di2te
Dyan
..::E::..
..::F::..
fully saiia
Farrah
Fauzy
Flo
..::G::..
Gita
..::H::..
Hendy
..::I::..
Ifoel
Ilma
Imaniar
..::J::..
Janice
Jeanne
..::K::..
K2h
..::L::..
Lisa
Lucky Maya
Lynn
..::M::..
Maika
Maria
Maya
Melisa
Mr. Prauw
MyBand
..::N::..
Natan
Ninda
Nindy
Novy
..::O::..
..::P::..
Phewe
Pink
Pekik
Priska
..::Q::..
..::R::..
ratna
resita
Reena
Rizky Dahlan
Ryanpp
..::S::..
Sarah
Sarahsita
Sandy
Saru
Sino
..::T::..
Tiche
..::U::..
..::V::..
Vinny
..::W::..
Wahyu
Wahyu30
..::X::..
..::Y::..
Yoyok
Yuel
..::Z::..
Agito-chan
Aiishi
Avie
Akane
Alfi
Alanna
Aluna
Amdee
Anin-maru
Anisa
Awgku
..::B::..
Bagas-IS-
Boot
..::C::..
cal
cesie
cia
Chita
..::D::..
Deta
Dee
Devy
Dhila
Dita
di2te
Dyan
..::E::..
..::F::..
fully saiia
Farrah
Fauzy
Flo
..::G::..
Gita
..::H::..
Hendy
..::I::..
Ifoel
Ilma
Imaniar
..::J::..
Janice
Jeanne
..::K::..
K2h
..::L::..
Lisa
Lucky Maya
Lynn
..::M::..
Maika
Maria
Maya
Melisa
Mr. Prauw
MyBand
..::N::..
Natan
Ninda
Nindy
Novy
..::O::..
..::P::..
Phewe
Pink
Pekik
Priska
..::Q::..
..::R::..
ratna
resita
Reena
Rizky Dahlan
Ryanpp
..::S::..
Sarah
Sarahsita
Sandy
Saru
Sino
..::T::..
Tiche
..::U::..
..::V::..
Vinny
..::W::..
Wahyu
Wahyu30
..::X::..
..::Y::..
Yoyok
Yuel
..::Z::..
0 komentar:
Posting Komentar