Ujian Tengah Semester Manajemen Pemasaran

Hai Blogger, hari ini rela lebur nulis blog buat posting jawaban UTS di Blog pribadi seperti banyak blog-blog orang diluar sana yang isinya banyak jawaban tugas kuliah yang dikerjakan Take Home di rumah. Okay, berikut jawaban UTS dari mata kuliah Manajemen Pemasaran sebagai berikut ini : 

UTS Manajemen Pemasaran

Wahyu Diah Nurcahyo
8335153823

1. Apakah yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran!

Jawab : 
Definisi dan Pengertian Pemasaran
Perubahan selera konsumen, lingkungan ekonomi dan persaingan yang semakin tajam membuat peranan pemasaran sangat penting untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan laba bagi perusahaan. Peran pemasaran sangat penting untuk mengetahui keinginan konsumen dan perusahaan berusaha memenuhinya. Perusahaan banyak yang memproduksi barang yang sejenis, sehingga membuat konsumen lebih selektif dalam memilih produk mana yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.


Pengertian Pemasaran Menurut Ahli

Para pakar bidang pemasaran telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran, diataranya adalah sebagai berikut :
Menurut Kotler (2005),
pengertian pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana masing-masing individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk yang bernilai bagi pihak lain.
Menurut Swasta (1996)
pengertian pemasaran adalah suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Maksud dari pengertian itu adalah manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan.
Menurut William J. Stanton, (1984:7)
pengertian pemasaran: “Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen potensial”.
Menurut Basu dan Hani (2004:4)
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Berdasarkan beberapa pengertian pemasaran menurut ahli yang sudah dipaparkan dapat saya simpulkan bahwa pemasaran adalah suatu proses kegiatan usaha untuk melaksanakan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada pemenuhan kebutuhan konsumen yang akan dipuaskan, pembuatan produk dijual, penentuan harga yang sesuai, penentuan cara-cara promosi dan penyaluran distribusi yang tepat.


Konsep Dasar Manajemen Pemasaran

Pentingnya pemasaran dalam proses kegiatan usaha sudah meningkat selama bertahun-tahun. Akan tetapi, pada jaman sekarang ini produsen harus memperhatikan kebutuhan dan tuntutan dari konsumen. Oleh sebab itu, penting bagi Anda para produsen untuk mengetahui beberapa konsep dasar manajemen pemasaran untuk mengetahui barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak jumlah yang akan diproduksi.


1. Konsep Produksi

Konsep ini mengatur tentang bagaimana caranya supaya konsumen bisa menyukai produk yang banyak tersedia di pasaran dengan harga yang murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan cara mengerahkan segenap upaya untuk bisa mencapai efisiensi produk tinggi serta distribusi yang luas. Tugas manajemen disini adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena para konsumen dianggap bisa menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

2. Konsep Produk
Perlu Anda ingat sebagai seorang produsen bahwa seorang konsumen mengetahui tentang kualitas produk. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan sebuah mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini yaitu membuat produk yang berkualitas, karena semua konsumen dianggap menyukai produk-produk yang berkualitas tinggi dalam hal penampilan serta ciri-ciri terbaik lainnya.

3. Konsep Penjualan
Menjual produk merupakan salah satu pekerjaan yang paling sulit dilakukan dalam hal bisnis. Anda mungkin bisa menghasilkan produk, pasar dan juga beriklan. Namun, untuk membuat konsumen membeli dan membayar produk Anda adalah tugas yang berat. Oleh sebab itu, jiwa dari melakukan sebuah bisnis terletak pada promosi penjualan yang kuat. Saat konsumen melihat produk Anda, maka apakah konsumen akan berpikir untuk membelinya atau tidak. Karena itulah harus diterapkan penjualan dengan metode promosi yang berbeda-beda untuk menaikkan omset dan memperoleh keuntungan.

4. Konsep Pemasaran
Dalam konsep ini Anda harus mengingat bahwa konsumen adalah raja. Strategi yang harus diterapkan harus fokus sepenuhnya agar konsumen merasa penting dan juga istimewa. Produk harus dipasarkan dengan sedemikian rupa sehingga para konsumen merasa bahwa produk tersebut telah dibuat khusus untuk mereka. Dengan begitu Anda akan memperoleh loyalitas pelanggan dan mereka pun akan mempunyai kepuasan untuk mendapatkan produk yang sangat baik.

5. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
Untuk membuat produk yang Anda jual mempunyai keunggulan dibandingkan dengan produk lain dan berada di sisi yang lebih aman, maka Anda harus fokus bahwa produk Anda akan memiliki tempat khusus bagi konsumen. Kesejahteraan masyarakat masuk ke dalam daftar tujuan produksi. Selanjutnya diikuti dengan kepuasan konsumen dan keuntungan perusahaan. Hal itu merupakan urutan yang harus dipelihara serta diperhatikan melalui strategi pemasaran


Sumber :
http://ilmuakuntansi.web.id/definisi-dan-pengertian-pemasaran/
https://bisnisukm.com/konsep-dasar-untuk-manajemen-pemasaran.html 

2. Jelaskan bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja (jika belum bekerja tempatnya adalah di kampus)!

Jawab :
Konsep pemasaran untuk suatu usaha sudah tentu dapat beragam. Tidak terkecuali pada pemberi jasa keuangan seperti bank. Ditambah lagi banyaknya jumlah bank yang tersebar, perlu ada strategi yang jitu dari masing – masing bank untuk dapat menarik nasabah. Di perusahaan tempat saya bekerja di bank BRI menganut konsep Pemasaran Kemasyarakatan dimana tujuannya untuk menghimpun dana nasabah dan memberikan pelayanan untuk kepuasan nasabah. Berikut beberapa hal yang diterapkan dalam konsep pemasaran bank BRI

Menonjolkan Kualitas Kerja
Bila dibandingkan dengan bank yang lain, bank BRI jauh lebih akrab dan lebih dikenal oleh masyarakat terutama di wilayah pedesaan. Ini bukan hanya karena umurnya yang terbilang “tua”, tapi juga karena pelayanannya yang mudah diterima.
Inilah yang menjadi salah satu strategi yang dilakukan bank BRI yaitu memberikan kualitas kerja yang baik. Hal ini mereka dapatkan dari SDM yang berkualitas ditambah lagi dukungan dari manajemen untuk terus menjaga kualitas tersebut.
Mengutamakan Kepuasan Nasabah
Kualitas kerja yang selalu diusahakan tetap terjaga baik, memberikan efek terhadap nasabah. Para nasabah akan merasa puas ketika kebutuhan mereka dilayani dengan baik.
Berbagai upaya juga dilakukan sebagai bentuk mengutamakan kepuasan nasabah selain kualitas kerja. Diantaranya adalah pemberian tingkat bunga yang lebih rendah dibanding bank yang lain.

Meningkatkan Penawaran
Dengan meningkatkan penawaran bank BRI dapat membina dan menjaga nasabahnya untuk tidak berpaling ke bank yang lain. Salah satu contoh adalah ketika bank lain menawarkan produk yang sama persis, dengan strategi yang selalu memberikan penawaran kepada nasabah bank BRI dapat menjaga agar nasabahnya tidak berpaling ke bank lain.

Peningkatan Produk
Peningkatan produk dalam strategi ini dilakukan dengan cara mengupgrade produk yang ditawarkan agar sesuai dengan apa yang diinginkan nasabah. Sehingga kebutuhan nasabah dapat terpenuhi. Selain itu produknya akan semakin mudah untuk diterima

Dengan konsep ini akan semakin banyak nasabah yang tertarik untuk terus dan tetap menggunakan produk yang ditawarkan dari bank, dan hal ini membantu promosi produk serta memberikan hasil yang bagus dimasa depan.

 3. Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!
Jawab :
Strategi Pemasaran Menurut Armstrong dan Kotler (2000:5),
marketing adalah “A societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and freely exchanging products and services of value with others”.


Sedangkan pengertian Marketing strategy menurut Armstrong dan Kotler (2000:37), yaitu “The marketing logic by which the business unit hopes to achieve its marketing objective”.

Menurut Guiltinan dan Paul (1992), definisi strategi pemasaran adalah pernyataan pokok

tentang dampak yang diharapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada target pasar yang ditentukan.


Strategi Pemasaran Motor Honda Vario

Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda bisa dikatakan sangat bagus karena dalam satu bulan saja penjualan motor Honda bisa melejit jika dibandingkan dengan pesaing lainnya. Beberapa cara untuk memasarkan produk sepeda motor Honda ini diantaranya:


Brand

Dengan mempromosikan brandnya Honda mampu menjadikan merek tersebut selalu di hati konsumennya. Bahkan dalam beberapa penemuan baru dengan inovasi terbaru pula, setiap peluncuran Honda selalu dinanti oleh banyak orang. Brand yang di pilih sangat mudah di kenal dan di ingat oleh konsumennya.

Dengan berbagai merek yang dikeluarkan seperti merek yang dari dulu terkenal sampai sekarang seperti "Vario" dan beberapa produk Honda lainnya, maka pemberian nama ini sangat mudah di kenal dan di ingat oleh masyarakat.


Promosi

Honda mengadakan berbagai promosi baik melalui media internet, media cetak, promosi langsung maupun melalui siaran televisi. Semua media promosi telah dilakukan untuk mengembangkan pemasaran yang lebih baik.

Sepeda motor Honda dalam promosinya juga bekerjasama dengan sederet artis papan atas maupun beberapa orang terkemuka di Indonesia untuk menarik perhatian konsumen lebih banyak. Beberapa artis yang mendukung promosi Honda di antaranya Agnes Monika yang mensponsori Honda Vario.


Dengan merangkul artis ternama tersebut diharapkan promosi sepeda motor dengan merek Vario tersebut bisa melejit. Dan apa yang menjadi harapan Honda menjadi kenyataan karena banyak masyarakat yang antusias terhadap merek Vario ini. Strategi pemasaran sepeda motor Honda juga merangkul bintang olahraga seperti yang dilakukan oleh Yamaha. Saat ini Honda juga mensponsori beberapa acara yang diselenggarakan seperti perlombaan balap motor maupun olahraga lainnya.


Strategi Pemasaran Buku Matematika Erlangga
Strategi pemasaran buku matematika yang di terbitkan oleh penerbit Erlangga ialah dengan melakukan pendekatan update kurikulum yang di tentukan oleh Kemendikbud dengan adanya buku terbitan terbaru mengikuti kurikulum KTSP yang menjadikan para guru mengambil acuan buku terbitan erlangga untuk dipakai para siswa dalam proses pembelajaran dan untuk memperoleh update buku dari penerbit erlangga sekarang tidak hanya dijual di toko buku saja melainkan dapat diperoleh juga melalui situs online http://www.bukuerlangga.com sehingga memudahkan konsumen untuk mencari buku yang mereka cari dan bisa langsung dibeli melalui situs online.

Sumber :
http://bieliegunarto.blogspot.co.id/2013/06/strategi-pemasaran.html?m=1
http://ahlimanajemenpemasaran.com/2013/08/strategi-pemasaran-sepeda-motor-honda/

4. Jelaskan pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok tidak berbahaya?
Jawab :

Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.


Lingkungan pemasaran merupakan komponen kekuatan-kekuatan diluar aspek pemasaran yang dapt mempengaruhi kemampuan manajemen dalam membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan yang terdiri dari lingkungan internal (mikro) dan lingkungan eksternal (makro).

Terkait kasus rokok, industri rokok memang "pandai" memanfaatkan karakteristik remaja, ketidaktahuan konsumen akan bahaya rokok dan ketidakberdayaan remaja yang sudah kecanduan rokok dengan berbagai promosi produk rokok dengan memunculkan jargon-jargon promosi yang mudah tertangkap mata dan telinga serta menantang. Jargon - jargon populer yang ditujukan pada remaja dirancang sesuai karakteristik remaja yang menginginkan kebebasan, independensi dan pemberontakan pada norma-norma. Seperti belum merasa puas lewat iklan di media massa dan media luar ruang, industri rokok juga sudah masuk pada tahap pemberi sponsor kegiatan-kegiatan anak muda, seperti konser musik, pemutaran film, seni, budaya, keagamaan dan olahraga. Saat ini dapat kita lihat kenyataannya bahwa hampir setiap konser musik dan kompetisi olahraga di Indonesia disponsori oleh industri rokok. Dalam kegiatan tersebut mereka membagikan rokok gratis atau dengan menukarkan potongan tiket masuk acara tersebut mereka memperoleh rokok secara gratis, apa lagi dalam bungkus rokok yang diberikan tersebut terdapat label "Low Nicotine" sehingga banyak remaja yang berpresepsi bahwa rokok tersebut tidak berbahaya.

Sumber :
https://kuliahmarket.wordpress.com/2015/08/25/lingkungan-pemasaran-2/

5. Jelaskan yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!

Jawab :

Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilalui oleh seorang pembeli dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi serta bertindak pada konsumsi produk dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan seseorang tersebut.


Dalam kasus Coca Cola Pasar minuman ringan bersoda sempat lesu, bahkan menunjukkan tren penurunan dalam beberapa tahun terakhir ini. Kesadaran masayarakat akan bahaya kandungan gula dalam minuman ini serta gempuran minuman aneka teh dan buah menjadi salah satu penyebab pasar minuman berkarbonasi sepi. 
     Jika saya diposisikan menjadi manajer pemasaran PT. Coca Cola di tahun 2016 saya akan menganalisa perilaku konsumen yang senang akan produk yang bisa melakukan custom nama konsumen di kaleng coca cola untuk di koleksi. Pada kampanye ‘Share Your Coke’ yang di Indonesia diwujudkan dalam rangkaian kampanye “Rayakan Namamu”. Kampanye ini dilakukan dengan menggunakan kaleng dan botol Coca Cola sebagai media. Mereka mencetak nama-nama orang yang banyak ditemukan di Indonesia. Tapi di tahun 2016 ini seiring banyaknya kasus bullying perlu adanya kampanye “Melawan Nama Julukan” dengan menerapkan pemberian nama lengkap di kaleng coca cola dan bisa di share di social media untuk berpartisipasi dalam memerangi kasus bullying. Diharapkan dengan strategi tersebut bisa meningkatkan pangsa pasar coca cola kembali.

Sumber :

http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen
6. Apakah yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!

Jawab :
Business to business atau B2B adalah transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya. Ketika Anda melihat yang di garis tebal, B2B merupakan penjualan produk atau jasa yang diberikan oleh bisnis tersebut dan diperuntukkan untuk bisnis lain, bukan kepada customer.

Contohnya, Bisnis kuliner yang bergerak di bidang katering. Lalu karena bisnis yang Anda punyai adalah bisnis katering yang cukup besar, jadi Anda mempunyai target pasar para perusahaan. Jadi jasa katering Anda diperuntukkan untuk perusahaan yang mempunyai karyawan cukup banyak, inilah yang disebut dengan B2B karena bisnis atau jasa Anda diperuntukkan untuk perusahaan lain. Jika bisnis katering Anda diperuntukkan untuk perorangan atau grup, itu berarti bisnis Anda business to costumer bukan B2B.

business to customer atau B2C adalah bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung. Dengan kata lain, bisnis yang Anda lakukan berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya.
Untuk contohnya, Anda misalkan mempunyai bisnis sembako. Ketika Anda menjual barang kepada konsumen perorangan, itu berarti bisnis Anda B2C alias business to customer. Akan tetapi jika Anda menjual sembako dalam jumlah besar kepada bisnis lain, itu berarti bisnis Anda adalah B2B bukan lagi B2C.

Sumber :
https://blog.penulis.id/id/perbedaan-mendasar-marketing-b2b-dengan-b2c/ 



7. Bagaimana tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol !

Jawab :
 
Langkah sistematis yang harus dilakukan dalam menjalankan riset pemasaran diantaranya adalah sebagai berikut:
Merumuskan Masalah
Hal pertama kali yang harus dilakukan untuk menjalankan riset pemasaran adalah merumuskan maslah. Proses perumusan masalah ini sangat penting untuk dilakukan agar kita mengerti betul dengan tujuan yang akan dicapai setelah riset selesai. Pada dasarnya riset disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang kita hadapi dalam bisnis.
Misalnya permasalahan kita adalah ingin menentukan besarnya biaya yang akan digunakan untuk promosi atau iklan. Perumusan masalahnya adalah bagaimana cara mengetahui besarnya biaya yang diperlukan. Sedangkan kesimpulan yang akan didapat adalah dalam bentuk kisaran nilai dari biaya promosi yang paling ideal.
Menentukan Desain Riset
Desain riset dibutuhkan untuk menentukan prosedur secara rinci mengenai cara pengumpulan data, cara pengujian hipotesa dan kemungkinan melakukan kuesioner dengan berbagai model yang ditentukan. Penentuan desain riset biasanya didasarkan pada parameter yang akan diambil untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tertentu.
Merancang Metode Pengumpulan Data
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diambil langsung dari lapangan, sedangkan data sekunder biasanya berupa data yang diambil dari buku, internet, dan pustaka lainnya yang relevan. Anda perlu menentukan bagamana cara mengumpulkan data-data tersebut dan dihimpun menjadi sebuah database.
Mengambil Sampel Dan Melakukan Pengumpulan Data
Selanjutnya anda melakukan pengambilan sampel dan pengumpulan data di lapangan. Anda bisa melakukan pengambilan sampel didasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu probability atau non probability sampling. Seharusnya anda mengetahui tentang cara pengambilan sampel yang benar.
Melakukan Analisa Dan Interpretasi Data
Sebuah pengumpulan data tidak akan pernah bisa menjadi sebuah kesimpulan jika tidak dilakukan analisis dan interpretasi data. Anda bisa mulai dari editing, koding, tabulasi, analisa statistik dan interpretasi data. Data yang diolah inilah yang akan memberikan petunjuk pada kesimpulan yang akan anda ambil.
Menyusun Laporan Riset
Laporan riset pemasaran bisa berupa laporan hasil, kesimpulan serta rekomendasi penelitian yang diberikan kepada pihak manajemen. Kemudian pihak manajemen akan mengambil keputusan berdasarkan hasil dari interpretasi data sebelumnya. Laporan riset inilah yang akan menjadi standar penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset pemasaran.

Analisis Kasus Pemasaran Pizza di Economart di Kampus 

Dalam memasarkan produk pizza di ekonomart yang harus dilakukan adalah melakukan analisa produk yang akan dijual di kalangan mahasiswa menggunakan 6 tahapan diatas. Kemudian menentukan harga jual untuk pangsa pasar di lingkungan kampus, lalu membuat inovasi produk pizza yang unik agar menarik minat konsumen di lingkungan kampus.

Sumber :
http://www.kembar.pro/2015/07/6-langkah-dasar-untuk-melakukan-riset-pemasaran.html


8. Jelaskan kasus pemasaran yang pernah anda ketahui di tahun 2016 ! 

Jawab :
Menurunnya daya saing Xiaomi terhadap produk pesaing di tahun 2016. Padahal Xiaomi, perusahaan teknologi asal negeri tirai bambu yang didirikan pada tahun 2010, sering dianggap sebagai Apple dari Cina. Meskipun terkenal dengan smartphone produksinya yang berkualitas tapi terjangkau, Xiaomi sebenarnya tidak hanya memproduksi smartphone. Perusahaan ini secara agresif membangun sebuah ekosistem perangkat pintar yang terkoneksi, termasuk: TV pintar, pembersih udara pintar, kamera olahraga pintar, perangkat VR, drone, dan bahkan rice cooker pintar. 
Seiring makin tingginya daya beli konsumen Cina untuk perangkat premium, para pesaing Xiaomi tersebut jauh lebih siap untuk menangkap pasar. Xiaomi yang menjual perangkatnya secara online untuk memangkas biaya pemasaran offline, toko ritel, dan dealer. Sebagai perbandingan, para pesaing seperti Vivo dan Oppo berinvestasi di ritel dan saluran distribusi tradisional dan memperluas jaringan dealer mereka. Para pesaing tersebut juga telah berhasil menawarkan pemasaran yang lebih efektif dan berbeda. Beberapa contohnya adalah penempatan produk, iklan luar ruang, merekrut brand ambassador, dan menjadi sponsor untuk acara TV populer. Disini Xiaomi perlu mengkaji ulang strateginya dengan pola pikir yang fleksibel untuk menghindari penurunan pasar lebih lanjut, atau bahkan menghindari kemungkinan yang lebih buruk: matinya perusahaan di tahun yang akan datang. Sumber : 
https://www.techinasia.com/talk/happened-xiaomi


Akhirnya selesai juga perjuangan menyelesaikan ujian tengah semester di blog ini, akhir kata selamat malam happy sleppyhead and happy long weekend.


1 komentar:

Natan mengatakan...

Blogwalking sob :)

Posting Komentar

Visitors

Banner